30 Jam di Belitung

Sebelum ngalamin sendiri, rasanya gak mungkin pergi ke Belitung cuma 2 hari 1 malam. Belitung kan di Sumatera, gak abis di jalan apa? Nah, ternyata Belitung bisa banget jadi alternatif destinasi liburan di akhir pekan, terutama yang berangkat dari Jakarta, waktu tempuhnya cuma 1 jam kalau naik pesawat. Ambil jadwal penerbangan pertama di hari sabtu…

Mendadak Artistik di Walakiri

Postingan saya minggu lalu tentang itinerary selama lima hari di Sumba membuat saya sadar bahwa foto-foto saya di Walakiri harus dimuat dalam satu postingan tersendiri. Saking bagusnya pantai Walakiri, begitu banyak foto yang ingin saya unggah di laman situs kaburbentar.

5 Hari Di Tanah Sumba

Sudah nonton film Pendekar Tongkat Emas? Kalau belum, nonton deh. Sudah lama Indonesia tidak memiliki film kolosal semacam ini. Lalu apakah saya akan membahas filmnya? Tidak, tidak. Saya akan bercerita tentang perjalanan saya di tanah yang menjadi tempat syuting film Pendekar Tongkat Emas. Tanah Sumba.

Welcome to Gua Jomblang!

Menjelajah Gua Jomblang

“Ayo dong, sinar mataharinya cuma sampai jam setengah 12 nih! Kalau kelewatan, mau lihat apa kita di dalam?!” seru salah seorang teman kantor saya. Saya melirik jam tangan saya. Jam 09.30. Dan posisi kami saat itu masih di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Oh no!

Overland Flores & Taman Nasional Komodo

6 Hari Keliling Flores dan Taman Nasional Komodo

Sebenarnya perjalanan ini sudah sekitar 2 tahun yang lalu dilakukan, tepatnya bulan November 2012. Itinerary ini juga sudah di-share ke beberapa teman yang pernah minta ke saya, bahkan sudah ada yang minta waktu perjalanan ini masih dilakukan. Biasa, efek postingan foto-foto di media sosial selama dalam perjalanan ini bikin teman-teman ngiler untuk melakukan perjalanan yang…

Weekuri lake, a hidden paradise

Tentang Laguna yang Tersembunyi

Kapan terakhir kali kamu terkesiap, menahan napas, bilang “Oh my God!”, atau mungkin “Masya Allah” (kalau kamu traveler syariah), ketika kamu sedang jalan-jalan ke suatu daerah wisata? Kalau saya, saat traveling di Sumba akhir Mei lalu bersama dua orang teman. Persisnya waktu saya sampai di danau Weekuri.

Pelataran kampung adat Bondo Kapumbu

Bondo Kapumbu, Si “Anak” Baru Dari Sumba

  Pria-pria itu mengernyitkan dahi ketika melihat mobil yang kami tumpangi memasuki jalan setapak di depan kampung Bondo Kapumbu. Tatapan menyelidik mengikuti pergerakan mobil, seolah-olah mereka belum pernah dikunjungi oleh orang asing. Tetiba seorang pria muncul dari halaman depan kampung, berjalan menuju mobil kami dengan tangan memegang gagang parang yang terselip di pinggang, tanda siaga…