Yoga di Bali

Bukan, ini bukan cerita si Yoga yang lagi liburan di Bali. Bukan juga cerita  tentang si Yoga pacarnya Ayu yang orang Bali itu apalagi tentang Yoga yang sedang mencari kucingnya yang hilang di Bali. *prolog ga penting.

Source: pranasapabali

Source: pranasapabali

Yoga. Hari gini siapa sih yang ga tau yoga apalagi buat kaum urban yang sudah banyak menjadikannya sebagai gaya hidup, bukan saja sebuah bentuk olah tubuh tapi juga olah pikiran demi keseimbangan hidup. Lalu, apa hubungan saya dengan yoga? Tidak ada hubungan apa-apa kok, serius. Kenalan saja baru hari ini, tepatnya tadi pagi jam 9. Pertemuan pertama dengan yoga ini berhasil memberikan kesan tersendiri.  WOW, ini toh yang namanya yoga!

Keberadaan yoga di Bali 10 tahun terakhir ini memang sudah sangat berkembang. Mencari tempat yang menyediakan kelas yoga bukanlah hal yang sulit, terlebih di beberapa daerah tertentu seperti Ubud. Banyak tempat yang menawarkan kelas yoga yang bersifat tidak terikat jadi kita bisa ikut satu sesi saja.

Di hari terakhir saya di Bali ini tiba-tiba terlintas kata yoga di kepala saya, entah datang dari mana pastinya. Hasil googling menemukan banyak kelas yoga tersedia bagi pemula bahkan bagi yang sama sekali belum pernah melakukan yoga dan biayanya rata-rata 50-120rb untuk satu sesi (90-120menit)  apalagi salah satu lokasinya ternyata tidak jauh dari tempat saya menginap di area Seminyak. Klop!

Prana Yoga adalah tempat tujuan saya kali ini. Tempat ini menawarkan kelas yoga yang rutin 3 sesi per hari dari senin-minggu. Oiya, untuk kelas yoga ini pada umumnya tidak memerlukan reservasi tapi mungkin bisa kita hubungi dulu untuk cari tahu jadwal terbarunya setelah itu kita bisa langsung datang saja dengan membawa handuk dan baju ganti tentunya. Mat-nya pun sudah disediakan tapi jika memang niat bawa sendiri juga silakan. Nampaknya memang sasaran kelas yoga ini adalah orang-orang yang sedang liburan sehingga sangat dipermudah untuk mengikuti kelasnya. Prana Yoga mempunyai empat jenis kelas yoga yang berdasarkan informasi resepsionis semua kelas beginner friendly. Ada Creative Power Flow, Superflow Vinyasa, Vinyasa Slow, dan Vinyasa Yoga. Biayanya 50rb per sesi bagi kita-kita orang Indonesia kalau turis mancanegara jadi 120rb. Harga ini ternyata relatif lebih murah dibandingkan di Jakarta loh.

Prana Spa and Yoga

Prana Spa and Yoga

Kelas Yoga di Prana Yoga

Kelas Yoga di Prana Yoga

Creative Power Flow adalah kelas yang saya ikuti bersama 5 peserta lainnya. Kemampuannya? Beragam, ada yang terlihat sudah lihai memainkan badannya dan dengan tenang berdiri dengan satu kaki ada juga yang masih kaku seperti saya ini, sulit rasanya berkonsentrasi untuk tetap tenang tapi menghasilkan gerakan yang sempurna. Hasilnya? Seru, benar-benar pengalaman yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Saya yang sama sekali belum pernah melakukan yoga dapat mengikuti arahan instruktur yang begitu jelas dan siap membenarkan apabila kita melakukan gerakan dengan salah. Oiya, instruksinya diberikan dalam Bahasa Inggris tapi masih bisa diikuti dengan cukup mudah kok. Tidak pernah menyangka kalau yoga mampu membanjiri baju saya dengan keringat dari mulai 10 menit awal melebihi lari 5km padahal berada di ruangan yang cukup sejuk. Yoga pun membuat saya sadar betapa kakunya badan saya ini, kaku banget. Dimulai dengan sangat tenang dan kelas yoga kali ini pun diakhiri juga dengan sangat tenang. Hasilnya badan terasa lebih ringan setelah melakukan 90 menit yoga ini.

Saya tidak bisa membandingkan perbedaan melakukan yoga di Jakarta/Bandung dengan yoga di Bali karena ini memang pengalaman pertama, tapi dengan perkembangan yoga yang cukup pesat di Bali berarti ada yang menarik dari melakukan yoga di Bali. Salah satu yang saya rasakan adalah suasananya, benar-benar mendukung untuk melakukan kegiatan sejenis yoga dan juga kemampuan instruktur yang bagi saya sangat memuaskan.

Jika memang merasa sibuk saat berada di kota asal dengan segala rutinitas, tidak ada salahnya meluangkan 1-2jam untuk mencoba yoga saat liburan di Bali. Mungkin sepulangnya dari Bali bisa menjadikannya rutinitas baru yang bermanfaat.

Namaste!

Info:

Ini ada beberapa informasi tempat Yoga sekitar area Seminyak:

Prana Yoga | Jalan Kunti, Seminyak – Bali

Desa Seni | Jalan Subak Sari #13, Pantai Berawa, Canggu – Bali

Seminyak Yoga Shala | Jalan Raya Basangkasa, Seminyak – Bali

Jiwa Bikram Yoga Bali | Jalan Petitenget 78, Seminyak – Bali

Atau bisa ke yogabali untuk berbagai informasi mengenai yoga di Bali.

Oiya, informasi tambahan bila melakukan yoga di area Seminyak setelahnya bisa mampir ke Zula di Jalan Dhyana Pura 5, Seminyak. Resto dan juga toko yang menjual menu organik dan vegatarian, tokonya pun menjual atribut yoga. Koleksi minumannya ok, dari mixed juice, smoothies, hingga energy booster. Saya puas dengan tempat ini, menunya dan juga suasananya plus wifinya. Tulisan ini pun saya tulis di tempat ini. Selamat mencoba!

Zula - Vegetarian Paradise

Zula – Vegetarian Paradise

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s