30 Jam di Belitung

Sebelum ngalamin sendiri, rasanya gak mungkin pergi ke Belitung cuma 2 hari 1 malam. Belitung kan di Sumatera, gak abis di jalan apa? Nah, ternyata Belitung bisa banget jadi alternatif destinasi liburan di akhir pekan, terutama yang berangkat dari Jakarta, waktu tempuhnya cuma 1 jam kalau naik pesawat. Ambil jadwal penerbangan pertama di hari sabtu dan pulang di hari minggu siang atau sore. Gak tanggung emang ya? Gak kok, walau ringkas tapi tetap bisa puas!!

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Secara garis besar, itinerary-nya sangat sederhana. Hari pertama waktunya untuk Island Hopping dan hari kedua waktunya menjelajah Belitung Timur yang merupakan tempat berbagai lokasi mengenai Laskar Pelangi dan juga mampir ke kota Manggar yang dijuluki kota 1001 warung kopi.

Hari ke-1

Kami pergi dengan penerbangan pertama di hari sabtu, adanya Citilink yang berangkat jam 5.55. Mendarat di Belitung sekitar jam 6.55 dan langsung mencari sarapan. Oiya, kami menyewa mobil dan driver selama di Belitung. Setelah dijemput di Bandara langsung meluncur ke Warung Kopi Kong Djie.

Karena perut masih agak kosong dan masih ada waktu sebelum kami beranjak pergi ke Tanjung Kelayang yang merupakan tempat untuk memulai Island Hopping, kami mencari sarapan lagi dan berhentilah di Kedai Mak Jana untuk icip Soto Belitung . Ok perut sudah terisi, saatnya bersiap untuk memulai Island Hopping.

Sampai Tanjung kelayang sekitar jam 9, di sinilah kita bisa menyewa perahu untuk menjelajah pulau-pulau yang ada. Oiya, sebelum menuju Tanjung Kelayang jangan lupa untuk membeli makan siang, karena akan sulit menemukan penjual makanan di pulau-pulau yang akan dikunjungi nanti. Mobil pun membawa kami mampir ke sebuah warung makan untuk membeli nasi bungkus.

Sekitar jam 4 sore kami kembali menepi di Tanjung Kelayang dan segera beranjak karena mengejar sunset di pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang juga menjadi salah satu lokasinya Laskar Pelangi.

Selesai melihat matahari terbenam, perut rasanya lapaaaaar berat. Inilah makanan wajib kalau ke Belitung, MIE ATEP! Rasanya……cobain aja deh ya sendiri. Juara!

Hari pertama ini ditutup dengan jajan martabak. :9

Hari ke-2

Hari ini jatah kami hanya setengah hari, kami pulang dengan penerbangan jam 16.00. Sesuai dengan rencana, saatnya menjelajah Belitung Timur, targetnya adalah Replika Sekolah Laskar Pelangi dan Museum Kata Andrea Hirata, kemudian lanjut ke Manggar dan kembali ke area Tanjung Pandan untuk menunggu penerbangan. Kami putuskan untuk menghabiskan waktu di Bukit Berahu, yang ternyata sangat OK tempatnya.

Jadi, buat yang lagi cari alternatif destinasi kaburbentar-nya, Belitung layak dicoba dehh.

Notes: Foto-foto nya nyusull yaaa :p

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s