Kereta Antar Negara Ala Asia

Kenapa saya tulis ala Asia, karena pada umumnya kereta api antar negara itu identik dengan Euro trip, ya ga? Ya kan ya? Ya seenggaknya menurut saya sih iya. Jadi saat pertama kali tahu kalau di Asia juga ada kereta api yang menghubungkan antar negara jadilah penasaran.

Peta Jalur Kereta Api di Asia

Peta Jalur Kereta Api di Asia

Rute perjalanan saya kali ini adalah Jakarta-Singapore-Penang-Bangkok-Jakarta, untuk Jakarta-Singapore menggunakan pesawat, Singapore-Penang pakai bis (ini nanti ada ceritanya juga deh), nah Penang-Bangkok saya pakai kereta api, dan pulang dari Bangkok pakai pesawat lagi.

Nahhhh, cerita kereta api ini apa serunya? Seru saja sih naik kereta api 22 jam!!! Yak, dua-puluh-dua jam ada di dalam gerbong. Memang memakan waktu lama, apalagi buat yang liburan mengandalkan jatah cuti. Kereta api ini memang buang-buang waktu di jalan tapi kalau memang ada waktu saya rasa layak dicoba kok.

Saya pun penasaran ditambah punya waktu yang cukup panjang tapi dompet agak tipis karena tiket kereta api ini lebih murah dibanding tiket pesawat harga normal. Googling sana Googling sini, dapat lah seat61.com ini. Saya salut banget orang dibalik situs ini dan ini bener-bener satu orang bukan perusahaan atau pun travel agent. Dia berhasil bikin situs tentang traveling menggunakan kereta api di seluruh dunia dengan informasi yang sangat lengkap bahkan lebih lengkap dibanding blog ini, ya iyalahhh!!

Perjalanan kali ini, saya berangkat dari stasiun di Butterworth, kota terdekat dari Pulau Penang. Dari Butterworth ini kereta menuju Bangkok dengan pemberhentian di beberapa kota. Total jarak tempuh rute ini ternyata hampir 1000 km (pantesan aja 22 jam). Nah, untuk tiketnya bisa dibeli langsung di stasiun atau beli secara online. Saran saya sih beli online saja, apalagi kalau musim liburan tapi ada beberapa rute yang tidak bisa dibeli melalui situs melainkan harus kirim email langsung ke contact person-nya untuk pesan tiket. Tiket saya kali ini pun, rute Butterworth-Bangkok, harus dipesan melalaui email. Tapi tenang, responnya cepat kok dalam satu hari sudah ada balasannnya, nanti kita akan dikasih reference ID dan pembayaran dilakukan di stasiun pada hari keberangkatan.

Stasiun Butterworth

Stasiun Butterworth

Stasiun Hua Lamphong - Bangkok

Stasiun Hua Lamphong – Bangkok

Terus keretanya kaya apa? Sebenarnya setiap rute punya kelas, sama seperti di Indonesia ada ekonomi, bisnis dan eksekutif. Ini pun sama, tapi tiap rute beda-beda jumlah kelasnya dan kalau untuk kereta malam ada yang namanya class sleeper, jadi kursi kita bisa berubah jadi kasur di malam hari. Nyaman gak? Nyaman kok, saya saja yang punya tinggi 182cm bisa tidur dengan tenang, ada bantal dan selimut juga, AC pun berfungsi dengan baik. Jadi kalau kita pesan si class sleeper ini, susunan kursinya adalah yang saling berhadapan. Nanti dua kursi yang berhadapan ini akan digabungkan menjadi satu kasur dan satu kasur lagu ada di bagian atas tempat tidur pertama karena ternyata ada tempat tidur yang bisa ditarik keluar di atas kepala kita (kebayang ga sih?!), lihat deh fotonya. Saran dari saya, kalau pesan class sleeper ini pesan yang lower bed walaupun lebih mahal sedikit tapi lebih lebar kasurnya dan pastinya akan lebih nyaman. Tiket Stasiun Butterworth (Penang) – Staisun Hualamphong (Bangkok) harganya sekitar 112 Ringgit untuk yang lower bed.

Nah, ini wujud di dalam kereta

Nah, ini wujud di dalam kereta

Oiya, karena ini perjalanan antar negara ada saatnya kita harus turun di kota perbatasan untuk periksa urusan imigrasi. Prosedurnya gampang kok, tinggal ikutin saja arahannya dan kalau sudah selesai kembali lagi ke kursi masing-masing. Tapi jangan lupa untuk selalu jaga barang bawaan kalau keluar kereta. Pengalaman saya, orang-orang termasuk saya juga kalau keluar kereta cuma bawa tas kecil saja untuk barang berharga, tas besar,koper,backpack dan yang gede-gede lainnya pada ditinggal di kereta. Aman? Tidak jamin juga sih, karena saat berhenti orang-orang bebas keluar masuk seperti pedagang asongan. Jadi, yah pintar-pintar baca situasi saja.

Satu lagi, karena ini perjalanan yang panjang dan kita tidak bisa berhenti seenaknya, urusan perut mesti diperhatikan. Sebenernya ada restoran di dalam kereta dan petugas kereta pun akan keliling untuk menawarkan makan malam dan sarapan pada saat masih sore tapi memang agak mahal dan rasanya biasa banget. Kalau saya kemarin beli makan semacam nasi bungkus dan juga beberapa kantong camilan plus minum pas di stasiun. Oiya, kalau berangkat dari Butterworth bisa juga makan dulu di kantinnya, enak loh nasi gorengnya.

Enak loh!

Enak!

Jadi kalau ditanya mau lagi gak naek kereta keliling Asia? Mau banget, saya sih suka ya, santai dan enaknya kalau ketemu sesama traveler yang seru di kereta, waktu lama ga kerasa deh. Dan selama perjalanan pun kita bisa lihat beragam pemandangan yang seru, kemarin saya dapat dari mulai perkebunan sawit sampai jemuran baju pun ada. ::))

Iklan

15 pemikiran pada “Kereta Antar Negara Ala Asia

  1. Mas…bol3 minta tlg gak??saya ira dari medan…mau tyn tiket kereta api dr penang ke bangkok cara beli on line nya gimana ya???tlg saya di pandu cr nya dgn detail mas…seblmnya saya ucapkan trima ksh….

    • Halo Mbak Ira, sorry baru dibalas. Waktu itu untuk rute Butterworth (Penang) ke Bangkok saya booking via email. Jadi tinggal kirim email ke callcenter@ktmb.com.mytentang detail pemesanan kita. Contohnya seperti in:

      Train: Train 36 Butterworth-Bangkok
      Date:
      Class: Lower berths 2nd class sleeper (rekomendasi saya pilih yg lower berths)

      Passenger information:
      Name:
      Pasport no:

      Nanti akan dibalas dengan email konfirmasi dan dikasih kode booking. Pembayarannya di lokasi loketnya langsung nanti tp suka dikasih waktu batas bayarnya. Semoga membantu. 🙂

  2. Mas, mau nanya..

    Kalo buttherworth ini lebih dekat ke Penang atau KL ya? Lalu kalo dibayar di loket langsung berarti mesannya ga bisa dari jauh2 hari ya?

    Makasih

    • Halo Mbak Fikha, Butterworth itu lebih dekat ke Penang karena memang masih bagian dr Penang. Untuk tiket walau bayarnya di loket tp pesannya bisa jauh hari kok, saya waktu itu 3 minggu sebelumnya sudah pesan lewat email.

      Semoga membantu ya. Terimakasih.

  3. Hi Mas,

    Mau tanya kalo untuk tanya available kelas2 yang ada bisa email kesitu gak yah?

    Trs dr Butterworth itu naik apa ke Penang city nya? harus naik ferry lagi gak yah? karna setau saya itu sebrang dr Georgetown, Penang 🙂

    Makasii :))

    • Halo Mbak Galuh,

      Bisa kok email ke situ untuk tanya. Kalau dr Butterworth ke Penang bisa naik ferry atau jalan darat karena ada jembatan penghubungnya. Kemarin saya pergi dari Johor Baru ke Penang naik bis, jadi melewati jembatan. Tp pas dari Penang ke Butterworth-nya naik ferry dan jalan dikit sudah bisa sampai ke stasiun kereta di Butterworth. Semoga membantu yaa.

  4. Halo mas, nama saya Susana,
    mau nanya kalau naik dari kereta dari singapore jam 3 sore, kira-kira tiba di Bangkok jam berapa ya? Aman tidak kalau seorang wanita naik kereta malam sendirian (pakai class yang lower berths 2nd class sleeper, sebelumnya terima kasih

    • Halo Susana,

      Kalau dari Spore ke Bangkok dengan kereta, rutenya akan jadi Spore – KL – Penang – Bangkok, dan itu kalau tidak salah tidak ada kereta yang langsung. Kereta ke Bangkok itu berangkat dari Butterworth (Penang) setiap jam 14.00-15.00 dan memakan waktu sekitar 20 jam perjalanan. Untuk detail jadwal bisa intip di sini ya http://www.seat61.com/Malaysia.htm#Singapore_-_Kuala_Lumpur_-_Penang_-_Bangkok

      Kalau masalah keamanan, pengalaman saya cukup aman karena saya pun melihat beberapa turis wanita yang melakukan perjalanannya sendiri selama di kereta ini.

      Semoga membantu ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s